Kisah Sepasang Merak

Suasana hutan tampak ramai, rimbunan pohon besar berdiri kokoh mengisi ruang-ruang kosong disana. Sungai yang bening mengalir perlahan, ikan-ikan berenang lincah mengikuti arus sungai. entah kemana mereka akan terus berenang atau sampai ke aliran sungai yang lain. Hanya mereka yang tahu..


Terlepas dari pemandangan itu terdengar kicau burung yang bernyanyi, dan apakah itu suara kesedihan atau malah nyanyian riang mereka. Tak ada yang tahu..

Disisi hutan yang lain ada keindahan berbeda yang membuat mata menggagumi pesonanya. Makhluk itu indah di pandang mata. Tapi mereka mempunyai kisahnya sendiri layaknya legenda putri duyung yang punya misteri dibalik kakinya. Mengapa sang duyung rela menukar suara indahnya dengan sepasang kaki manusia. Banyak opini yang mengartikannya berbeda. Dan kita tak tahu apa yang sebenarnya terjadi.

***

Dahulu suasana hati begitu indah, seindah lengkungan ekor merak jantan yang elok. Sepasang merak menikmati kehidupan mereka bersama disuatu hutan yang tak tertembus pemburu. Mereka yakin tak ada yang dapat memisahkan kecuali mereka kehabisan makanan dan kelaparan. 
Merak jantan begitu indah dan penuh karisma, ekornya berkilau bagai permata yang bias cahaya. Pantulan prisma bulu-bulunya memikat setiap merak betina. Namun hanya ada satu yang memikat hatinya. Merak betina itu bisa menarik perhatian si jantan dengan kehangatannya.

Hari-hari berlalu, merak betina merasa bahagia melawati hari bersama jantannya. Setiap saat merak jantan menunjukan perhatian yang dalam dan kasih sayang begitu banyak. Kian hari merak betina semakin menyukai merak jantan yang begitu memanjakannya itu. Perasaan itu semakin lama terus tumbuh 'bagai rumput ilalang yang penuhi setiap semak kosong' . Seluruh hati sudah penuh oleh perasaan itu dan tak ada yang bisa menghentikan mereka.

Dalam-dalam merak betina memejamkan matanya saat purnama pertama muncul. Tak semenit waktu ia buat melihat pesona malam hari itu. Kedekatan tersebutlah yang ia pikirkan karena semakin menggerogoti naluri sepasang makhluk Tuhan. Tak ada yang bisa menghentikan perasaan itu selama cinta itu milik mereka.

***

Keesokan harinya, sekumpulan merak betina lain mengusik ketenangan lubuk hati ini. Merak jantan terus memperingatkan betinannya untuk tetap percaya pada hubungan suci ini, tak terpikir olehnya melihat sekumpulan penarik simpati itu. Ia hanya butuh kehangatan sesungguhnya dari merak pasangannya. Merak jantan terus berusaha memperkuat ikatan cintanya.


Tapi apalah daya merak betina tak kuasa menahan perasaan yang makin tak jelas ujungnya. Ia mencari cara untuk terlepas dari kisah ini dan mengakhiri ikatannya. Berhari-hari merak betina terus berusaha menegarkan diri untuk melihat jika suatu saat mereka tak lagi bersama. Masih teringat di ingatannya saat merak jantan mengutarakan keinginannya untuk bersama selamanya. Rasanya begitu indah jika hal itu benar terjadi. Namun keabadian bukan milik makhluk biasa.

Demi merak jantan itu ia rela pergi meninggalkan kawanan dan tempat yang telah membesarkannya. Merak betina terus menjauhkan diri dari jantan yang ia sayangi itu. Semakin jauh langkahnya menjauh dari kerumunan itu dan pergi ketempat yang lebih tenang untuk sementara waktu. Deru air sungai yang mengalir membawa jiwanya semakin beranjak pergi menyusuri hamparan kasih yang terhenti.


Saat ia kembali semua yang ia tinggalkan sudah tak seperti sebelumnya, tak ada lagi nyanyian cinta. Perceraian perasaan itu telah terjadi. Rasa suka, Cinta, Kasih Sayang bercerai derai menjadi kecanggungan saat ia kembali ke hati sang jantan. Tak ada lagi tempat yang damai disana, semua telah jauh berubah. Jejak langkah itu telah menghilang 2 tahun yang lalu.

Suatu keputus asaan telah melenyapkan cinta indah dan kasih sayang murni yang telah luluh lantah tak bertuan lagi. Keputus asaan itu membuat penyesalan disisa waktunya. Apalah guna kembalinya merak betina saat ini merak jantan bukan miliknya lagi. Hatinya telah bertuankan merak lain.

***

sebuah hikayat..
yang mengambarkan penyelesalan kehilangan sebuah cinta yang tak terlupakan.
>_<
#kisahku

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAPPILY!!

Puisi Untuk Sahabat