Cerpen Ave Maria Karya Idrus

Nama tokoh :
1. Zulbahri
3.Wartini : istri bahri.
4.Syamsu : adik bahri

Inti cerita :
Zulbahri, seorang pengarang yang selalu ingin membaca buku dan berkecimpung dalam dunia tulis menulis. Suatu ketika jiwanya tergoncang saat membaca sepucuk surat dari syamsu sang adik. Niat sang adik adalah untuk tinggal bersama zulbahri dan istri di jakarta. Sebelumnya syamsu sekolah di shonanto karena bermasalah dengan dosennya maka ia pulang ke jakarta untuk melanjutkan sekolahnya disana. Alangkah takutnya bahri jika Wartini sang istri kembali mengenang cinta pertamanya dengan syamsu sejak masih kecil.
Suatu hari syamsu dan wartini bermain musik dan melantunkan lagu ave maria yang begitu sendu. Di akhir lagu wartini menangis mengenang masa lalunya dengan syamsu. Zulbahri kemudian memberanikan diri menemui mereka dan mengatakan bahwa memang benar syamsul yang berhak atas wartini bukan dia. Akhirnya Bahri pergi dari rumah, jiwanya begitu tertekan apalagi setelah dia tahu wartini telah mengandung anak syamsul. Ia mengurungkan niatnya untuk kembali kerumah itu dan memilih mengabdikan diri pada negara dengan masuk ke dalam pasukan heiho.

Reproduksi Ulang

Nama Tokoh :
-Deny (Zulbahri)
-Rahmad (adik Zulbahri)
-Nina (Istri Zulbahri)
-Himawan (Sahabat Zulbahri)
-Lestari (adik Himawan)

Sepasang mantan kekasih duduk di bangku taman, suasananya begitu hening. Dari kejauhan tampak perempuan itu sedang menangis dalam diam. Air matanya terus mengalir. Masa lalu yang begitu indah membawanya ingin kembali ke masa itu. Pria di masa lalunya itu bernama Rahmad, dia seorang calon dokter yang gagal menjadi dokter dan kembali ke Jakarta. Nina adalah gadis yang menangis dalam diam itu, dia seorang juru rawat yang kemudian menikah dengan Deny.
Suaminya seorang pengarang yang selalu menghabiskan waktu bersama buku-buku di perpustakaannya. Bisa jadi itulah sebab mereka tidak memiliki keturunan.

Di tempat lain, di perpustakaan pribadinya Rahmad sedang menyelesaikan menulis buku. Dalam keadaan terburu-buru ia menerima pesan yang memberitahukan bahwa istrinya sedang bersama sang adik. Alangkah terkejutnya dia ketika melihat mantan kekasih itu sedang duduk bersama. Ia tak kuat menyaksikan hal yang sudah sejak dulu ia takutkan. Sang adik telah kembali dan akan merebut Istri yang begitu ia cintai itu. Dalam situasi ini dia seperti kehilangan akal sehatnya. Ia memilih pergi dan menghilang untuk menenangkan dirinya.

Dia pergi ke Malang dan meneruskan menulis buku disana. Selang bebarapa bulan ia memutuskan untuk kembali menemui sang istri. Di balik jendela ia melihat raut muka bahagia dari sepasang kekasih, tak lagi ada air mata yang mengalir sejak ia pergi. Di perhatikannya keadaan disana, ia sangat terkejut saat melihat sang istri yang tak lain adalah Nina sedang mengandung anak dari Rahmad sang adik. Kepalang sakit hati ia lantas mengurungkan niatnya masuk ke rumah itu.

Sepanjang jalan ia berpikir keras, apa yang bisa dilakukannya setelah ini. Semangat hidupnya hilang. Kemudian di pinggir jalan, disela-sela keramaian ibukota ia mendengar seseorang memanggil namanya. Deny lantas mencari arah suara itu. Ternyata itu Himawan, teman satu SMU dulu. Sahabat karib baginya. Deny di ajak kerumahnya dan di kenalkan dengan istrinya Mimi. Disana Deny menceritakan segala kesusahan hatinya dan masalah batin yang dia hadapi. Kedua suami istri itu menyimak dengan baik. Esok harinya Himawan mengajak Deny ke sebuah kantor percetakan surat kabar. Di butuhkan seorang penulis artikel disana. Himawan kemudian menyarankan Deny untuk mengisi jabatan itu. Dengan alasan agar Deny bisa melupakan masalahnya secara perlahan karena kesibukannya mencari bahan tulisan dan menemui orang-orang baru yang akan mengisi kembali kekosongannya. Deny menyetujui tawaran sahabatnya itu.

Hari berganti bulan, selang sembilan bulan setelah kejadian itu Nina melahirkan seorang bayi perempuan yang sangat cantik. Deny pun mengunjungi wanita itu, tapi kali ini tidak sendirian karena ia bersama seorang wanita yang telah menjadi pendamping hidupnya. Pengisi semangat dan menghapus sakit hatinya. Kini satu-satunya wanita dalam hidupnya ialah Lestari. Ia telah melupakan cinta segi tiga antara ia, nina, dan sang adik Rahmad.

end

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAPPILY!!

Puisi Untuk Sahabat