lagi.. dan lagi kau Ingkar !! sahabat*


Masa sekolah dianggap sebagai masa yang paling membahagiakan bagi sebagian orang yang mempunyai kenangan apapun dimasa itu. Suka, duka, pengorbanan, pertengkaran, berbagi, dan banyak hal lainnya pernah mereka rasakan ketika duduk di bangku sekolah. Entah SD, SMP, SMA, ataupun ketika Kuliah, semua itu pasti pernah dilalui. Tapi adakalanya suatu masalah harga diri, emosional, dan kebohongan tidak dapat ditoleransi. Kadang itu membuat persahabatan mengalami goncangan. Disitulah persahabatan diuji kesetiakawanan.
Ada suatu masa, dimana ku kenal seorang teman sekelas yang sampai sekarang ku anggap sebagai sahabatku. Memang bukan sebagai sahabat terbaikku, tapi kami sering menghabiskan waktu bersama. Dia bukan gadis yang sempurna dalam hal apapun, tapi aku menerima segala kekurangannya sampai saat ini. Mungkin akan tetap ku maklumi kebiasaannya yang suka “CARLEZ” (*cari alesan) , karena bagiku apapun yang dia katakan bukanlah hal yang patut untuk dibuat sebagai kebohongan. Misalnya saja ketika kami ngobrol tentang bagaimana berangkat ke kampus :
Aku  : beb, gimana kamu ke kampus? Kan gak gitu jauh dari rumah kamu.
Doi   : biasanya aku anter jemput oleh temen aku kalo bokap lagi kerja.
Aku  : ooooh… jadi pergi bareng temen ya! Oh iya, pake apa?
Doi   : temen aku bawa mobil lah. Tapi gak aku suruh jemput deket rumah loh,  
        takut ketahuan bokap.
Entah aku percaya atau gak soalnya gini, waktu lagi jemput doi pas lagi mau hang out, nyokap doi ngajakin kita cerita-cerita. Nah, aku iseng nanya sama mamanya. “tante, kalo dita pergi kekampus sama siapa?”. Mau tau jawaban nyokap doi ? mamanya bilang, “dita jalan kaki loh dari rumah ke kampus, tante sengaja kasih dia budget dikit biar cukup untuk jajan aja”. *rasa dibohongin lagi nih.

Apa sih yang biasa diomongi cewek-cewek pas lagi ngumpul?? Pasti soal pacar, gebetan, cowok yang disuka ataupun cowok yang dikagumi, semua campur aduk dalam satu moment ketika kumpul bareng. Aku sih orangnya yang susah buat jatuh cinta, juga suka cuek sama cowok-cowok disekitar. Kalo digodain pun hal pertama yang aku lakuin, berpaling muka dan berlalu pergi tanpa senyum. *sadis banget
Jadi ceritanya pas ngumpul, doi ini dominan nyeritain cowoknya yang entah khayalan ataukah imajinasi (*hohoho, semua sama makna). Kebanggaan akan status hubungan berpacaran menjadikan kepalanya gencar melontarkan kejadian-kejadian fiktif yang tak berdasar. Mukanya semakin tebal tanpa rasa malu ketika bohong. Aku yang gak punya kerjaan kemudian mutusin buat cari tau kebenaran dari ceritanya, dan beberapa kasus terbukti FIKTIF!! Yaaaahhh.
Ada kejadian dimana aku mulai ragu untuk apapun yang doi bilang, soalnya pernah ada klarifikasi dari saksi sekaligus kunci dari kebenaran ini. Selain doi, ada temennya yang dikenalin ke aku. Namanya Sari, dita ngenalinnya gak sengaja karena sering cerita-cerita bawa nama dia. So, suatu hari kami ketemuan di KI Park, tidak lain tempat segala aktivitas seperti jogging, makan, bermain, nonton music band indie, ataupun sekedar kumpul bareng temen. Suasananya adem walaupun bau airnya amis, soalnya gak pernah diganti. *gubrak, heehehe mana ada yang mau nguras  kolam segede itu. Waktu itu zaman dimana dunia maya dengan memanfaatkan media sms dan telepon-teleponan digandrungi para dumay loverz seindonesia. Temenku Wulan ngajakin ketemu sama kenalannya dari dumay tadi, pulang dari solat jumat si cowok dumay itu janjian mau dating kesana. Singkat kata aku mau nemenin dia, sekalian nambah temen ber-SMSan ria. Kejahilan kami ternyata tidak ditunjak oleh propesionalitas, makanya cowok yang sebut saja Indra tau keberadaan kami. Indra itu cowok supel yang cepet akrab, dalem semenit aku sama indra sudah kayak temen lama yang akhirnya ketemu juga. *seneeeng banget rasanya. Pas lagi ngobrol bareng si Indra, aku ngeliat cewek berkacamata, berambut panjang, dan berjaket merah muda yang tak asing sedang berjalan bersama seorang cewek berambut pendek. Ternyata benar, si jaket merah muda itu adalah si dita yang aku kenal. Sepulangnya Indra, kami bercakap-cakap. Doi memperkenalkan Sari secara langsung untuk pertama kalinya.
       Beberapa hari berlalu, aku dan Sari selalu ngobrol lewat SMS. Kami merasa semakin dekat. Salah satu topic pembicaraan kami ketika itu tak lain tak bukan, menceritakan soal doi kami si Dita terhebat dalam soal mengarang bebas*ngarang cerita palsu. Sebelumnya nasehat buat dita-dita didunia, “sobat untuk apa bohong untuk hal gak penting, jadilah apa adanya. Jangan bersikap seolah diri loe hebat, diri loe punya segalanya, diri loe sempurna!! Coba deh bercemin dulu, liat siapa diri loe, apa yang loe punya, dan sejauh mana kesempurnaan loe itu. Lama-lama aku sebel sama kamu, gak kuat dibohongin terus-terusan.” *Huffhh…
       Di kelas doi cerita tentang cowok bernama Sammy. Dalam Versi ceritanya si cowok perfect banget. Cowok itu hasil dari dumay nya doi yang katanya menggilai dia. Tapi karena gak suka sama tuh cowok, jadi dia kasih aja nomor telpon Sari ke Sammy. Mereka pun kenalan, endingnya jadian.
Setelah kenal Sari, aku dapet Versi cerita yang beda. Ceritanya, Sari dapet nomor Sammy waktu lagi jogging subuh di GOR. Mereka memang jadian, tapi bukan karena si doi tadi yang ngerelahin Sammy buat Sari. Tapi memang karena Sammy gak pernah ketemu si doi dan gak pernah kenal dia, mereka juga jadian karena saling suka. Setelah mikir-mikir, aku Pro sama ceritanya Sari karena lebih FAKTA dan memuaskan.*dramatis, aku kena tipu lagi. Tapi faktanya memang nyata loh ceritanya Sari soalnya memang ada bukti nyata dan bukti hidup. Sammy ketemu kami waktu lagi main ayunan di TK deket rumahya dia.
       Disini ceritanya kebohongan yang gak termaafkan bagi grup aku dan doi. Grup BOLA CAHAYA terdiri dari aku, romi, tyo, dani, wolly, dan aktris terjago bohong dita. Ritual grup kami adalah perayaan ulang tahun setiap anggota. Biasanya dinner bareng, karaoke sepuasnya dan on the road ke Taman Polda ataupun ke Jakabaring. Sukses buat ritual aku dan Wolly di bulan Oktober, ritual Dani di bulan November (meskipun aku gak ikutan), ritual tyo di bulan desember dan ritual Romi dibulan Januari kemaren. Tapi, ritual doi di bulan April? Semua kacau. Doi selalu menunda-nunda ritualnya, sampai pada pertengahan bulan Mei ini belum terlaksana. Janjinya sih minggu ini mau ritual ultah, tapi malah di failed gitu aja dengan alas an yang amat, sangat, dramatisir sekali. “maaf ya kawan-kawan, besok aku gak bisa traktir kalian soalnya nenek ku ultah!! So, semua anak cucu kandung harus kumpul semua!!”.
Kami pun menyanyikan lagu…….
Mana janji manismu..
Meneraktirku hari minggu..
Kini kau ingkar lagi..
Tak pernahkah kau sadari, akulah yang kau sakiti…
Engkau cancel janjimu, dan tidak tahu lagi…
*lagu kolaborasi suka-suka
Wajar kalo anggota yang lain sempat kecewa atas pembatalan ritual ini, tapi wajar gak kalo si doi nulis status di jejaring sosialnya gini :
Ya ampun..
Gara-gara besok gak jadi pergi, lu marah-marah..
Ngertiin sedikit, aku tuh ada kerjaan lain.
Marah-marah,, emangnya lu SIAPA AKU??
Sebagai sahabat, ataupun yang HANYA aku yang anggap sahabat…!! Aku tersinggung dan udah nusuk hati terdalem. Rasanya udah cukuplah semuanya, sebenarnya aku udah gak terima lagi. Pernah mood aku hilang waktu mau foto close up bareng, senyuman aku redup Cuma gara-gara tuh cewek resek. Alhasil foto ku sama mereka jelek. *hikshikshiks
Sebagai temen yang baik aku kudu sabar hadapi temen kayak gitu, mungkin hanya tuhan yang bisa membuka pintu hati doi. Mudah-mudahan dia sadar atas sifat-sifat buruknya yang menganggu temen dideketnya. Tapi mulai detik ini aku anggap dia hanya sebagai teman BIASA yang gak penting dan gak butuh toleransi ataupun kepedulian lagi. Jadi aku hanya aka nada saat dia seneng, gak akan datang ke dia saat dia susah. CUKUP!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAPPILY!!

Puisi Untuk Sahabat

ILOMIVENA (Kata Cinta)