Putra, Putra, Putra

Cerita dibalik ketupat idul fitri

 

Seminggu sebelum idul fitri, entah kenapa hati terasa sejuk. entah karena sedang menjalankan ibadah puasa, atau karena ingin menagih janji silahturahmi bersama seorang pacar. setiap Sahur d bangunkan oleh Putra si pacar, usai subuh teleponan dengan putra si teman chaines, siangnya ngobrol bareng putra dekat rumah lewat telpon. Tapi dari ketiga Putra yang menemani, hanya putra chaines yang dikenal tanpa sengaja lewat sms nyasar.

 ***

Sore itu, Didi mencari teman lewat siaran radio yang satu sesinya buad cari teman. Dari situlah temanku Didi dapetin nomor hape yang username nya Rama. Si cowok supel yang kadang nyebelin, tapi ngobrol bareng dia ngangenin banget. Biarpun dy kadang sok sibuk, pas lagi di ajak sms-an. Aku kenal Rama dari Didi, kontak hape Didi penuh dengan nomor orang yang sebelumnya belum pernah ketemu, cuma lewat dunia maya atau yang disebut 'dumay' via hape. Dulu memang ada jejaring sosial friendster, itupun gak banyak juga yang punya akunnya. waktu itu internet belum begitu eksis kayak sekarang, tapi dumay via hape lebih asik dari facebook 'fb' ataupun nge-Twit kayak sekarang. Yang jelas kao pengen liat mukanya bisa kirim foto via MMS, kalo sudah akrab banget bisa ketemuan disuatu tempat yang rame, salah satunya tongkrongan favorit anak muda adalah KI Park (kambang ikan) di palembang.
Rama sempet di smsin Putra chaines, entah dapat dari mana dia nomornya rama. Terus nomor Putra di over lagi ke Didi oleh Rama, lanjut Didi over ke aku. Akhirnya aku temenan sama Putra chaines dan sms-an setiap menit. meskipun Putra chaines, tapi dia toleransi banget sama yang lagi puasa. Dia bisa liat situsi kalo orang-orang lagi mau tarawihan, biasanya dia sms dulu, "lagi tarawih gak nih?" kalo gak dapet balesan, jam 9 dia kirim pesan lagi. Itu pas banget waktu aku lagi mau pulang ke rumah.

***

Bahagia banget punya orang-orang yang ngebuat sibuk hari-hari aku, sampai bisa ngelewatin puasa dengan semangat.

Satu hari sebelum lebaran, Putra si pacar minta telpon waktu lagi sibuk-sibuknya membuat ketupat. Karena suatu rasa, kontak telponnya aku panggil. Secepatnya dia angkat telpon aku, di waktu yang sama, Putra black juga nelpon di saluran 2. Aku conference telponnya supaya mereka bisa kenalan, tapi ternyata mereka gak saling sapa. Yang lucu, saat aku panggil Putra black, eh.. malah Putra si pacar yang nyahut. Mereka sempat suntuk gara-gara itu. Detik itu juga si pacar tiba-tiba matiin hape gitu aja. Terus satu pesan masuk, itu sms dari si pacar. "yank, matiin telpon dari si black dong!!" lagi-lagi dengan suatu rasa, aku akhiri telepon dari Putra black.
Kesalnya, pas nge-hubungin si pacar lagi, teleponnya malah gak aktif sampai malam takbiran bukannya senang aku malah nangis. Pas lagi dengar takbiran di mesjid, teleponnya belum juga aktif. Untunglah, dengan senang hati kak Wahyu dengarin curhatan aku terus kasih nasehat buat nenangin sekaligus buat nyadarin aku. Dia bilang, "adek, cowok gak satu di dunia. Jangan nangis gara-gara masalah cowok. Adek harus bahagia di Hari Raya ini !!". Mungkin karena banyak penjelasan dari kak Wahyu, aku sadar buat apa pusing dengan kepergiannya. Dia mungkin disana lagi bersenang-senang sama cewek lainnya. Malam itu juga, aku hapus air mata aku buad dia, aku hapus nomornya dari kontak hape-ku biar dia gak ganggu aku lagi. Dan berhasil. Putra chaines sempat nyariin aku gara-gara aku ganti nomor hape tanpa bilang ke dia dan kasih tau nomor baruku. Begitu aku smsin, dia langsung telpon dan senang banget bisa denger suara aku lagi. Itulah 'teman' buat aku, kadang kalo lagi suntuk dan di sekolah lagi bosen biasanya kami sms-an dan ngobrol ampe kehabisan topik.

***

"cuiittt...cuitt..." suara burung terdengar dari hape, "pesan dari putra black". Isi pesannya, "TOLONG!! jangan ganggu kakak ku lagi. Dasar cewek gak tau diri, awas kalo aku liat ada sms kamu lagi di hape kakak ku. Nyadar dong, kamu itu gak pantes buat kak Putra!". Aku syok baca sms-nya. Dengan suka cita, tombol delete buat kontaknya. Biarin tersisa satu Putra, asalkan gak kayak Putra-Putra itu. Mereka cowok aneh yang super aneh!.
Setelah aku selidiki, ternyata adeknya Putra black salah orang. Kebetulan dia musuh bebuyutan temenku Riri.  Dia kira aku adalah Riri yang ia benci. Mungkin karena terbawa emosi ia tega cuap-cuap jelekin aku. 

***

Usai libur sekolah aku kenalin Putra ke temen-temen di sekolah. Memei juga keturunan Cina, jadi dia respon banget pengen ketemu sama Putra. Entah mereka berdua sempet pacaran gak, soalnya sesama Chaines atau satu golongan itu punya daya tarik sendiri. Tapi aku tetep enjoy, mereka berdua temen yang baik buat aku.

Siang yang terik, sepulang sekolah. Bersama kedua temanku, Memei dan Yuri, aku membuat janji dengan Putra di depan gang rumahku. Sebelum menemui Putra, kami berkeliling dahulu buat cari daun-daun kering untuk pakarya di sekolah.
Jam 2 tepat, Putra ternyata sudah datang. Karena kelamaan menunggu ia pun pulang, kami yang tidak enak hati mencoba membujuknya kesini lagi. Tapi setelah dipikir jarak rumahnya terlalu jauh dari sini. Kasihan kalo dia harus berpanas-panasan datang lagi.

***

Beberapa minggu setelah itu, komunikasi kami terputus. Hape yang aku sayang, Nokia 3660 warna merah jadi saksi betapa eksisnya aku di dumay via hape. Tiada hari tanpa pegang hape, setiap jam telponan dan sms-an sama temen-temen dumay. Hape itu sempet rusak, jadi di jual gitu aja. Semua kontak belum di salin, dan foto-foto temen dumay juga belum sempet dipidahin ke komputer. Seberapa kangennya aku, mustahil bisa ketemu lagi dan dapetin nomor hape mereka lagi.

Biarpun, satu-satunya Putra yang terbaik udah lost contact, tapi aku selalu ingat suaranya karena itulah kerinduan sering hadir. Aku gak benci sama yang namanya Putra di dunia ini, sebab dari dua Putra yang jahat hatinya, masih ada orang yang bernama Putra yang baik hati dan bisa jadi teman sejati.

THE END

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAPPILY!!

Puisi Untuk Sahabat